Diskripsi Mata Kuliah

Pengantar Ilmu Komunikasi ( 3 Sks ) Dasar- Dasar Logika( 3 Sks )
Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi membahas tentang hakekat, fungsi, karakteristik, ruang lingkup komunikasi, tingkatan proses komunikasi, prinsip komunikasi, model komunikasi, persepsi, komunikasi verbal dan komunikasi non verbal serta komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi antar budaya dan komunikasi massa Mata Kuliah ini berisi tentang sisi berfikir induktif dan deduktif yang diwakili dengan topik pengenalan logika dan bahan (konsep, term, proposisi, definisi) generalisasi, analogi dan silogisme
Komunikasi Kreatif ( 3 Sks ) English For Communication I ( 3 Sks )
Mata Kuliah ini membahas konsep-konsep dan teori-teori dasar sosiologi, ekonomi dan politik serta sistem sosial, ekonomi dan politik di Indonesia dalam kaitannya dengan proses pengidentifikasian dan analisis isu isu atau permasalahan kontemporer dalam bidang sosial, ekonomi, politik dan komunikasi itu sendiri dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dan sudut pandang (Perspektif) Komunikasi Mata kuliah ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dapat membuat mereka mampu bersaing di dunia kerja. Selain itu, mata kuliah ini juga menjadi prasyarat untuk mengikuti mata kuliah English for Communication 2
Teori Komunikasi( 3 Sks ) Dasar-dasar Penyiaran( 3 Sks )
Mata Kuliah ini membahas ruang lingkup komunikasi, ilmu dan teori dalam komunikasi, jenis-jenis teori komunikasi, pendekatan dan perspektif teori komunikasi sebagai kerangka analisis dalam merumuskan asumsi asumsi teoritis dan menganalisis berbagai permasalahan sosial dari perspektif ilmu komunikasi Mata Kuliah ini memberikan pemahaman terhadap mahasiswa mengenai konsep-konsep dasar dalam industri penyiaran agar mampu menerapkannya dalam produksi berita dan non berita televisi sesuai dengan perkembangan dunia penyiaran di Indonesia
Pengantar Public Relations ( 3 Sks ) Dasar-dasar Manajemen Pemasaran( 3 Sks )
Mata kuliah Pengantar Public Relations menguraikan tentang dasar-dasar pengertian, peran, fungsi PR, Corporate PR dan Marketing PR, jenis khalayak dan aktivitas PR, Manajemen PR, tahap kegiatan perencanaan kerja PR, Media PR, Etika Bisnis, Etika PR dan Corporate Social Responsibility (CSR) serta isu isu kekinian PR. Serta menguraikan kompetensi profesi PR yang dibutuhkan lembaga profit dan non profit. Terdapat satu kali tatap muka untuk Kuliah Tamu Pengantar PR dan seminar kehumasan yang diselenggarakan oleh Bidang Studi PR dengan narasumber Praktisi PR yang akan membahas Kompetensi dan Trend Profesi PR ke depan Matakuliah ini mengkaji berbagai konsep dasar dalam manajemen, pemasaran dan manajemen pemasaran.
Dasar-dasar Manajemen dan Kepemimpinan ( 3 Sks ) Komunikasi Organisasi ( 3 Sks )
Mata Kuliah ini membahas konsep-konsep dan teori Manajemen dan Kepemimpinan, Lingkungan Organisasi, perencanaan,   Perencanaan Strategis, Peran Pemimpin dalam Pembuatan Keputusan, pengorganisasian, Koordinasi dan Rentang Manajemen, Pemimpin, Kekuasaan dan Distribusi Wewenang, pengendalian, kepemimpinan dan peran pimpinan dalam mengelola perubahan dan Inovasi organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Koordinasi serta Rentang Manajemen. Mata kuliah komunikasi organisasi menguraikan dan membahas tentang: 1) peranan komunikasi di dalam organisasi yang meliputi pengertian dasar komunikasi dan organisasi; 2) budaya dalam organisasi, tingkah laku komunikasi dalam organisasi; 3) perkembangan mashab-mashab manajemen seperti perilaku organisasi, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan; 4) iklim komunikasi; 5) komunikasi internal dan eksternal; 6) arus komunikasi; 7) konflik dalam organisasi; 8) metodologi dari teori-teori yang mendasari komunikasi organisasi
Kewirausahaan II ( 3 Sks ) Human Relations ( 3 Sks )
Mata Kuliah ini membahas mengenai ruang lingkup human communications, memahami simbol dan makna dalam komunikasi, tipe-tipe komunjikasi, memahami pengaruh budaya dalam komunikasi antar manusia, communications style, dan kasus-kasus pengalaman komunikasi.
English for Communication II  ( 3 Sks ) Psikologi Komunikasi ( 3 Sks )
Mata Kuliah ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dapat membuat mereka mampu di dunia kerja. Mata kuliah ini akan membahas tentang konsep dan teori yang terkait dengan manusia sebagai mahluk individu dan mahluk sosial.
Sosiologi Komunikasi ( 3 Sks ) Statistika Sosial ( 3 Sks )
Mata Kuliah ini merupakan Mata Kuliah teori, dimana mahasiswa diharapkan mampu mengerti, memahami dan menjelaskan kembali mengenai komunikasi sebagai ilmu dan proses/aktivitas di dalam suatu kelompok masyarakat serta mampu mengaplikasikan proses/aktivitas komunikasi didunia kerja (khususnya, industri komunikasi (Penyiaran/Kehumasan/Periklanan & Marketing/Komunikasi Digital) Mata Kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip statistik deskriptif dan statistik induktif terutama yang sering digunakan dalam penelitian ilmu komunikasi. Semua prinsip-prinsip statistic induktif dilakukan dengan manual dan juga program komputasi.
Komunikasi Multimedia ( 3 Sks ) Kuantitatif ( 3 Sks )
Komunikasi Multimedia , mempelajari bagaimana cara manusia menyampaikan Ilmu Pengetahuannya kepada manusia lain melalui medium yang bersifat multimedia (Internet dengan World Wide Web-nya) Metode penelitian Kuantitatif ini membahas tentang   perspektif penelitian ilmiah, masalah-masalah komunikasi, proses dan unsur-unsur penelitian ilmiah serta   mampu merancang , melakukan dan menulis laporan penelitian komunikasi dengan metode kuantitatif.
Komunikasi Digital ( 3 Sks ) Issue and Crisis Management ( 3 Sks )
Mata kuliah ini membahas, mendiskusikan serta mempraktekan bagaimana menerapkan pengelolaan isu dan komunikasi ketika krisis meliputi konsep dasar isu dan krisis, identifikasi protensi krisis yang akan menimpa organisasi, konsep manajemen krisis, pengelolaan dan langkah-langkah pengendalian isu, penyusun manual perencaan manajemen krisis, mengelola komunikasi ketika krisis, komunikasi krisis dan respon perusahaan, strategi pengelolaan hubungan dengan para stakeholder di saat krisis, menghadapi media di saat krisis, mengelola sosial media dan komunikasi digital pada saat krisis, dan langkah-langkah dalam memulihkan citra pasca krisis.
New Media and Society ( 3 Sks ) Public Speaking ( 3 Sks )
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan New Media serta fenomena – fenomena yang terjadi di Society (masyarakat) akibat perkembangan tersebut. Mata Kuliah ini mengajarkan mahasiswa memahami sejarah serta perkembangan public speaking, mampu menerapkan teknik presentasi dan persuasi sebagai master of ceremony (MC), penyampaian proposal, penyampaian laporan, moderator, pemimpin rapat, protokoler, penyiar, presenter, dengan kemampuan menerapkan teknik komunikasi verbal dan tulisan dalam melaksanakan informasi di depan umum/audience baik dibidang Public Relations, Marketing Communications, Broadcasting & Digital Communications
Komunikasi Politik ( 3 Sks ) Komunikasi Massa ( 3 Sks )
Mata kuliah ini menjelaskan konsep-konsep dan teori-teori komunikasi politik, mengidentifikasi dan menjelaskan komponen-komponen komunikasi politik sebagai modal bekerja sama tim dalam menganalisis dan praktik komunikasi politik, menciptakan keterampilan dalam memilih berbagai pendekatan komunikasi melalui bentuk dan model komunikasi, serta membangun dan memelihara jejaring dan loby serta mengumpulkan dan menganalisis berbagai informasi dalam aktivitas komunikasi politik. Komunikasi Massa adalah mata kuliah yang mempelajari media massa dalam konteks sejarah, masyarakat, dan politiknya. Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan dengan teori-teori umum yang berperan penting dalam perkembangan pemikiran ilmiah terkait media massa di masyarakat modern. Dampak media massa pada individu dan masyarakat sebagai keseluruhan akan dibahas dalam mata kuliah Komunikasi Massa. Sehingga, terdapat penekanan pada keterlibatan mahasiswa sebagai partisipan aktif dalam masyarakat yang kini meliputi penyebaran informasi yang instan.
Fotografi dan Kamera TV Digital ( 3 Sks ) Metode Penelitian Kualitatif( 3 Sks )
Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa mengoperasikan kamera (Single Camera / ENG Camera dan Multicamera / Studio Camera) sesuai standard operating procedure dalam praktik produksi program : Instructional, Simple Scene dan Talkshow yang dilakukan di Studio Televisi/Lab AV UMB dan diluar Studio/Outdoor. Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif membahas tentang pemahaman filosofis (paradigmatik), varian-varian kualitatif   serta prosedur penelitian mulai dari mengidentifikasi masalah/fenomena,   merumuskan masalah, Mengolah dan menganalisis data kualitatif untuk menjawab masalah-masalah dalam bidang komunikasi
Integrated Marketing Communication ( 3 Sks ) Komunikasi Antar Budaya

( 3 Sks )

Mata kuliah ini membahas mengenai proses perumusan solusi komunikasi pemasaran dalam bantuk program Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) serta mampu menganalisis permasalahan komunikasi dengan menggunakan konsep-konsep dan teori dari ranah komunikasi pemasaran dan periklanan. Mata kuliah ini juga menanamkan kompetensi pembuatan rencana kegiatan komunikasi pemasaran terpadu. Mata kuliah Komunikasi Antar Budaya (KAB) menguraikan pengertian dan pemahaman tentang ruang lingkup dan fokus kajian KAB; Konsep Dasar KAB; Kebudayaan dan komunikasi dalam KAB; Faktor budaya yang mempengaruhi KAB; Perbedaan kultur dan perbedaan nilai; Konteks dalam perilaku KAB; Nilai dan norma dalam KAB; Komunikasi Lintas Budaya, bahasa dan budaya, komunikasi verbal dan non verbal serta pengaruhnya dalam KAB; Problematika KAB dan langkah-langkah KAB yang efektif; Akulturasi dan Asimilasi; Mengelola konflik dalam masyarakat multikultur, penyesuaian antar budaya dalam organisasi, gegar budaya; Kompetensi KAB; Isu-isu terkini tentang KAB
Stakeholder Relations ( 3 Sks ) Etika dan Filsafat Komunikasi ( 3 Sks )
Mata kuliah ini akan membahas mengenai konsep stakeholder relations, tipe dari stakeholder relations serta bagaimana menjalin hubungan baik dengan publik internal maupun eksternal yang dapat memberikan dampak serta citra positif bagi perusahaan. Mampu mengenali permasalahan etika dalam bidang komunikasi guna membekali mahasiswa dari sisi sikap sebagai calon profesional di bidang Komunikasi
Riset Komunikasi ( 3 Sks ) Magang ( 3 Sks )
Mata kuliah Riset Komunikasi ini membahas tentang desain penelitian dan prosedur penelitian mulai dari mengidentifikasi masalah,   merumuskan masalah, mengolah dan menganalisis data kuantitatif maupun kualitatif untuk menjawab masalah-masalah dalam bidang   komunikasi dan menyusun proposal tugas akhir Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktek kerja lapangan, dimana mahasiswa diharapkan mampu mengaplikaskan ilmu teori dan praktis yang telah diberikan selama 7 (tujuh) semester di dunia kerja (khususnya, industri komunikasi (peyiaran/kehumasan/periklanan & marketing komunikasi/komunikasi digital). Dalam mata kuliah ini mahasiswa dibimbing untuk mendapatkan tempat magang dan dibekali dengan penjelasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan proses magang. Selain itu juga dijelaskan mekanisme dan prosedur pelaksanaan magang, penyusunan laporan hasil magang yang harus dipresentasikan dalam sidang magang).
Kuliah Peduli Negeri ( 3 Sks ) Tugas Akhir  (6 Sks)
Mata kuliah Kuliah Peduli Negeri memberikan kemampuan untuk menerapkan ketrampilan komunikasi yang menjunjung nilai kemanusiaan, moral, agama dan etika dalam hubungan dengan anggota masyarakat maupun pihak pemerintah, menganalisis masalah-masalah komunikasi berdasarkan konsep dan teori komunikasi dan merancang program komunikasi serta menerapkannya sesuai kebutuhan untuk peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Mata kuliah ini berbentuk proyek mandiri dan/atau kelompok yang dilakukan oleh mahasiswa di bawah supervisi dosen pembimbing. Tugas akhir dapat berbentuk skripsi (karya tulis ilmiah), karya aplikatif, publikasi artikel ilmiah (jurnal), prestasi terkait bidang kompetensi (nasional dan/atau internasional) dan dalam bentuk program kegiatan peduli negeri.